{HATI-HATI} SAKIT GIGI BISA MENIMBULKAN STROKE..!! - Berita Hot Terkini
loading...

{HATI-HATI} SAKIT GIGI BISA MENIMBULKAN STROKE..!!

Ads
 Janganlah anggap sepele penyakit pada gigi. Tidak sedikit orang yang berasumsi sakit gigi merupakan hal remeh. Walau sebenarnya, bermula dari sakit gigi dapat mengakibatkan sakit stroke serta jantung. Satu diantara sakit gigi, yakni lantaran peradangan gusi yang dapat jadi pintu masuk terjadinya stroke ataupun jantung.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Kampus Trisakti Tri Erri Astoeti menerangkan, gusi adalah sisi dari penyangga gigi. Bila gusi merasakan peradangan, jadi bisa menebarkan kuman penyakit. " Waktu gusi meradang, ada jalan masuk kuman kedalam tubuh manusia, " tutur Erri di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Bakteri atau kuman penyakit selanjutnya dapat masuk ke pembuluh darah serta mengakibatkan penyumbatan. Penyumbatan pembuluh darah inilah yang selanjutnya menyebabkan stroke serta penyakit jantung.

Erri mengungkap, berdasar pada riset yang pernah dikerjakan, pasien sakit gusi pada umur 25-51 th. bisa tingkatkan resiko sakit stroke sampai 50 %. Resiko sakit jantung juga bertambah 2 x lipat pada pasien sakit gusi. Bahkan juga, tingkatkan resiko kelahiran bayi prematur pada ibu hamil yang menanggung derita sakit gusi serta penyakit diabetes.

Diungkapkan Erri, penyakit gusi dapat bermula dari terdapatnya plak di gigi yg tidak pernah dibersihkan. Plak-plak itu bakal berkembang jadi karang gigi, sampai pada akhirnya berlangsung peradangan gusi. Karenanya, bersihkan gigi juga wajib memperhatikan sisi sela-sela gigi serta gusi yang dapat menjadi sarang bertumbuhnya plak.

" Jangan sampai gusi meradang. Terkadang kerap kita abaikan, " tutur Erri. Erri juga mengingatkan utamanya melindungi kesehatan gigi dengan gosok gigi sesudah makan serta saat sebelum tidur setiap hari.

Penulis : Dian Maharani
Editor : Bestari Kumala Dewi 

sumber: kompas.com

Subscribe to receive free email updates: